Rabu, 16 Oktober 2013
tugas 4 Bahasa Indonesia
TEMA : SISTEM INFORMASI
JUDUL : PERANAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM SEBUAH PERUSAHAAN
I. HAKIKAT SISTEM INFORMASI
a. Pengertian Sistem Informasi
b. Komponen dan Kategori dalam Sistem Informasi
II. LATAR BELAKANG DIBUTUHKANNYA SISTEM INFORMASI
Peranan dan fungsi utama Sistem Informasi di Sebuah Perusahaan
III. SISTEM INFORMASI YANG BAIK
a. Langkah-langkah membangun sistem informasi yang baik
b. Kondisi Yang Bisa Diciptakan Dengan Adanya Sistem Informasi Yang Baik
IV. KETERKAITAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI
a. Peranan Teknologi Informasi dalam Sistem Informasi
V. KESIMPULAN & PENUTUP
PERANAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI
DALAM SEBUAH PERUSAHAAN
Istilah sistem informasi dalam arti yang sangat luas merujuk kepada interaksi antara manusia, proses algoritmik, data dan teknologi. Pengertian lain dari sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat keras, dan jaringan komunikasi serta sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.[1]Sistem informasi yang terintegrasi terdiri dari beberapa komponen yaitu komputer, instruksi, data yang tersimpan, manusia dan prosedur. Sistem informasi dapat dikategorikan dalam 4 bagian, yaitu:
1. Sistem Informasi Manajemen
2. Sistem Pendukung Keputusan
3. Sistem Informasi Eksekutif
4. Sistem Pemrosesan Traksaksi
Sistem informasi merupakan serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan,
diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa sistem informasi sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Saat era globalisasi seperti sekarang ini, hampir di seluruh sektor bisnis menggunakan sistem informasi di perusahaan mereka. Bukan hanya itu, mereka pun selalu berusaha melakukan berbagai macam cara untuk menggembangkan sistem informasi yang digunakan di perusahaan, karena sistem informasi memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis mereka. Adapun peranan dan fungsi utama dari sistem informasi antar lain adalah :
1. Mendukung Operasi Bisnis
2. Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial
3. Mendukung Keunggulan Strategis
4. Meningkatkan pelayanan secara menyeluruh
5. Meningkatkan produktivitas
Keterkaitan keberhasilan sebuah perusahaan dengan sistem informasi adalah bagaimana sebuah perusahaan itu membangun sistem informasinya sebaik mungkin. Menurut Mulia Hartono dalam bukunya yang berjudul “7 langkah mudah membangun sistem informasi”, maka system informasi dibangun melalui 7 tahap yaitu:
1. Perencanaan
2. Analisa
3. Desain
4. Pengembangan
5. Testing
6. Implementasi
7. Pengoperasian dan Pemeliharaan
Jika sebuah perusahaan memiliki sistem informasi yang baik dan handal, maka situasi yang kondusifpun dapat diciptakan. Berbagai subsistem-subsistem yang ada dapat terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan maksimal.
Sistem Informasi yang baik pasti didukung oleh teknologi informasi yang baik pula. Teknologi informasi marupakan bagian dari sistem informasi. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan. Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. Sistem informasi dapat tersusun dari beberapa teknologi informasi, sehingga apabila teknologi informasi mengalami kerusakan maka sistem informasi juga akan mengalami gangguan.
Demikianlah beberapa uraian mengenai sistem informasi dan teknologi informasi yang dapat saya sampaikan, sehingga dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut:
Sistem Informasi yang baik memegang peranan penting dalam kemajuan sebuah perusahaan.
Sistem informasi dan teknologi informasi merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar