Perubahan & Pengembangan Organisasi
Organisasi
sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami
perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan
perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena
organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Pengembangan
organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai
fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis
atau sebagai suatu teknik manajemen
Padad
asarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara
berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk
meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan
azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi
I. PERUBAHAN
Faktor penyebab terjadinya perubahan dibedakan jadi dua, yaitu:
Lingkungan Intern
a.Perubahan kebijakan pimpinan
b.Perubahan tujuan
c.Perluasan wilayah operasi tujuan
d.Volume kegiatan bertambah banyak
e.Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.
Lingkungan Ekstern
a.Politik
b.Hukum
c.Kebudayaan
d.Teknologi
e.Sumber Daya Alam
f.Demografi
g.Sosiologi
Sikap organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan lingkungan intern/ ekstern, yaitu :
a.Mengadakan perubahan struktur organisasi.
b.Mengubah sikap & perilaku pegawai.
c.Mengubah tata aliran kerja.
d.Mengubah peralatan kerja.
e.Mengubah prosedure kerja
f.Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.
Proses perubahan, yaitu:
1.Mengadakan pengkajian.
2.Mengadakan identifikasi.
3.Menetapkan perubahan.
4.Menentukan strategi.
5.Melakukan evaluasi.
II. PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)
Ciri-ciri pengembangan organisasi, antara lain:
•(P.O) merupakan usaha yang dilakukan secara berencana.
•(P.O) mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus-menerus.
•(P.O) berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
•(P.O) merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
•(P.O) merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb.
Metode pengembangan Organisasi
a.Jaringan manajerial
b.Latihan kepekaan
c.Pembentukan tim
d.Umpan balik Survai
Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
a.Latihan ditempat kerja
b.Latihan instruksi kerja
c.Latihan diluar tempat kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar